PEMILU KETUA OSIS SMAN KERJO 2021/2022

oleh Puput Setyoningsih

 

KARANGANYAR – Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Untuk menerapkan pendidikan demokrasi kepada siswa, maka proses pemilihan umum ketua OSIS SMAN Kerjo tahun 2021/2022 dilakukan dengan sistem pemungutan suara yang diikuti oleh seluruh warga sekolah.

Suasana saat berlangsungnya pemungutan suara.

 

 

Rabu, 29 September 2021 pemilu ketua OSIS SMAN Kerjo tersebut dilaksanakan. Tetapi, 2 tahun belakangan pemilu ketua osis SMAN Kerjo dilaksanakan secara online, hal ini disebabkan oleh pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan pemilu dilakukan secara langsung. Pada tahun ini ada dua paslon yang menjadi calon ketua dan wakil ketua OSIS yaitu, paslon nomor urut 1 Ardi Candra Ramadhany dengan Alvita Salma serta paslon nomor urut 2 Kholil Ulinnuha Majid dengan Radita Dwi Anggraeni.

 

Ada beberapa kendala saat acara berlangsung yaitu, pemadaman listrik sementara waktu dari pihak PLN hal ini membuat panita pelaksana harus berpikir mencari jalan keluar agar acara tetap bisa berlangsung dengan baik. Panitia berencana memakai genset sekolah namun sayangnya genset sedang tidak berada di sekolah. Untungnya pemadaman listrik itu dibatalkan oleh pikah PLN dan acara dapat berjalan sesuai rencana awal panitia.

 

Acara diselenggarakan di ruang laboratorium biologi dan dihadiri oleh Bapak Daryo selaku wakil kepala sekolah, Bu Reni sebagai pembina osis, panitia penyelenggara, dua paslon, dan 1 timses dari masing-masing paslon. Waktu pemungutan suara dibuka dari pukul 08.00 dan ditutup pukul 12.00 WIB. Lalu penghitungan suara dimulai pukul 13.00 di ruang laboratorium komputer dengan didampingi Pak Ekshan (salah satu guru matematika SMAN Kerjo).

 

Suasana perhitungan suara berlangsung tegang. Setelah berselang beberapa waktu penghitungan suara telah selesai dan diperoleh hasil paslon nomor urut 1 memperoleh suara sebanyak 179 dan paslon nomor urut 2 memperoleh suara sebanyak 449, dengan catatan jumlah data pemilih tetap 913, jumlah suara 628, dan jumlah yang tidak menggunakan suara 285.

 

Dengan hasil tersebut maka paslon nomor urut 2 yang menjadi pemenangnya serta paslon nomor urut 1 dapat menerima hasilnya dengan baik.

Baca juga

Karanganyar Menginspirasi: Titin Riyadiningsih dari Desa Wisata Sumberbulu Menginspirasi SMA Negeri Kerjo

Karanganyar Menginspirasi: Titin Riyadiningsih Berbagi Inspirasi di SMA Negeri Kerjo **Karanganyar, 17 Mei 2024** – …